Home » , » Profil Minggu Ini | Mahmud Ibrahim

Profil Minggu Ini | Mahmud Ibrahim

Written By Unknown on Friday | 07:21

Dalam usia yang telah mencapai 84 tahun, tokoh ulama, birokrat dan juga sejarawan dari Tanoh Gayo, Aceh Tengah Tgk. H. Drs. Mahmud Ibrahim pada hari Kamis tanggal 30 Mei 2013 yang lalu berhasil menyelesaikan dan meraih gelar Master of Arts (MA) setelah dinyatakan LULUS dalam sidang munaqasyah tesis dihadapan dewan penguji dari  Program Pasca Sarjana IAIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Dengan judul tesisnya Nilai-nilai Pendidikan dalam Adat Istiadat Gayo dihadapan para dewan penguji yang diketuai oleh Prof. Dr. Rusydi Ali Muhammad, SH. Anggota: Dr Gunawan Agam, MA. Phd, Dr Chairuddin, MAg, Dr Sri Suryanta, MAg, Prof. Dr. Alyasa Abubakar, MA dan Syamsul Bahri, M.Tsol selaku sekretaris dewan penguji, tokoh masyarakat gayo yang juga Kepala Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah lancar menjawab pertanyaan-pertanyaan ‘sulit’ dari pare dewan pengujinya yang rata-rata guru besar.

Yang berkesan dari ‘prosesi’ sidang munaqasyah tesis-nya Tgk. Mahmud Ibrahim, menurut Kakankemenag Aceh Tengah Drs.H.Hamdan yang juga pada hari yang sama juga ‘didaulat ‘ lulus S2-nya, adalah bahwa ketua dewan pengujinya Profesor Rusydi merupakan putra dari almarhum Ali Muhammad yang juga merupakan penguji sidang munaqasyah skripsi-nya Drs.H.Mahmud Ibrahim waktu meraih gelar doctorandes (Drs)-nya di IAIN Ar-Raniry puluhan tahun yang lalu.

Kalau dulu waktu sidang skripsi adalah Drs Ali Muhammad sebagi ketua dewan penguji-nya, dan kali ini saat sidang tesis yang menjadi ketua dewan penguji putra-nya yaitu Profesor Rusydi Ali Muhmmad”, ujar Tgk. Mahmud sebagaimana kata Haji Hamdan via HP selanjunya dia menambahkan: “Keberhasilan Tgk.H.Drs. Mahmud Ibrahim, MA meraik gelar S2 di usia senja menurut saya sungguh menjadi motivasi bagi yang muda-muda, terutama bagi masyarakat Aceh Tengah”, ujar Hamdan.

Selain Tgk. Mahmud Ibrahim, ‘putra Aceh Tengah’ yang dalam penghujung Mei itu juga berhasil menyelesaikan program S.2-nya melalui sidang munaqasyah tesis adalah Drs.H.Hamdan,MA dan Wahdi MS, S.Ag, MA. “Dalam waktu dekat teman-teman yang lain dari Aceh Tengah yang bersama-sama kami mengikuti program S2 pasca sarjana IAIN Ar-Raniry dari Aceh Tengah juga akan menyusul”, tuturnya.

Dari informasi yang diperoleh bahwa sidang munaqasyah putra-putra lumbung kopi itu berjalan lancar. Drs H Hamdan, MA dengan judul tesis-nya Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah dan Implikasinya Terhadap Kinerja Guru Se-Kabupaten A ceh Tengah. Dewan penguji dalam sidang Munaqasyah adalah: Prof. Dr. M Nasir Budiman, MA selaku ketua dengan sekretarisnya Syamsul Bahri, M.Tsol. Anggota dewan penguji: Prof. Dr. Jamaluddin Idris, M.Pd, Dr Chairan M Nur, M.Ag, Asnah
Husein, MA. Phd dan Dr. Sri Suryanta, MAg.

Sedangkan Wahdi MS, S.Ag, MA. Judul Tesis Implementasi Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq Anak MTsN 1 Takengon. Dewan Penguji, Ketua: Prof. Dr. Rusydi Ali Muhammad, SH Sekretaris: Dr Mujibburrahman, MA , Anggota: Dr Syarwan Ahmad, M.Lis, Chairan M Nur, MAg, Prof. Dr. Nasir Budiman, MA dan Eka Sri Mulyani, MA Phd.

Sumber : Kabargayo I - Kamis, 06 Juni 2013
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Tuliskan Komentar Anda dibawah ini



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Takengon News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified byZen Angkasa
Proudly powered by Blogger